Design Database Pada Sistem Informasi Reservasi Hotel

Authors

  • Daud Tri Bakti Purba Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Indonesia
  • Henryansyah Tawaqal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Indonesia
  • Rio Fachrudin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Indonesia
  • Fried Sinlae Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jsmd.v2i2.188

Keywords:

Sistem Informasi Reservasi, Desain Database, Hotel, Media Penyimpanan Data

Abstract

Dalam pengembangan aplikasi untuk pemrosesan data, khususnya dalam konteks sistem informasi reservasi hotel, keberadaan media penyimpanan data merupakan komponen yang sangat krusial. Keandalan sebuah aplikasi pemrosesan data tidak hanya ditentukan oleh bahasa pemrograman atau jenis media penyimpanan seperti Database Management System (DBMS) tertentu yang diterapkan, tetapi juga oleh konsep dan desain media penyimpanan data yang harus mendapatkan perhatian serius. Desain database yang baik dan tepat sangat penting untuk memastikan semua informasi mengenai reservasi, kamar, pelanggan, dan transaksi dapat dikelola dengan efisien dan akurat, serta untuk mencegah terjadinya anomali data yang dapat mengganggu operasi sehari-hari hotel dan mempengaruhi pengalaman pelanggan. Oleh karena itu, perencanaan yang matang dalam pengembangan dan pemilihan media penyimpanan data menjadi faktor esensial untuk memastikan keandalan dan efektivitas aplikasi dalam menyediakan informasi yang valid dan terpercaya, serta mendukung operasional hotel yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

References

Sucipto, "Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar," Jurnal INTENSIF, vol. 1, no. 1, pp. 35-43, 2017.

Syamsudin and H. Ali, "Pengaruh Sistem Operasi, Databasedan Server terhadap Sistem Informasi," Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), vol. 5, no. 3, pp. 305-311, 2024.

F. Sinlae, "NEW EMPLOYEE SELECTION METHOD WEIGHTED PRODUCT AT PT.," JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), pp. 707-714, 2023.

Y. A. Rahman, E. D. Wahyuni and D. S. Pradana, "Rancang Bangun Prototype Sistem Informasi Manajemen Program Studi Informatika Menggunakan Pendekatan User Centered Design," REPOSITOR, vol. 2, no. 4, pp. 503-510, 2020.

Jamaluddin, B. D. D. Arianti, B. A. Novianti and M. Asrobi, "Desain Sistem Informasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Hamzanwadi," Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 392-401, 2022.

S. M. Pulungan, R. Febrianti, T. Lestari, N. Gurning and N. Fitriana, "Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database," Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB), vol. 1, no. 2, pp. 143-147, 2022.

Q. Li and Y.-L. Chen, "Entity-Relationship Diagram. In: Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems.," Springer, pp. 125-139, 2009.

Published

2024-07-31

How to Cite

Tri Bakti Purba, D., Tawaqal, H., Fachrudin, R., & Sinlae, F. (2024). Design Database Pada Sistem Informasi Reservasi Hotel. Jurnal Siber Multi Disiplin , 2(2), 144–151. https://doi.org/10.38035/jsmd.v2i2.188